Dari tahun ke tahun, tren desain digital terus berkembang. Pemahaman masyarakat akan dunia desain yang meningkat turut memengaruhi segmen pasar, menggeser perspektif desain User Experience (UX) di tahun 2016 silam menjadi lebih maju.

Mobile Apps

hellomia

 

(credit: Bani Syah)

 

2016 merupakan tahun di mana kecenderungan pengguna aplikasi smartphone jauh lebih tinggi dibanding pengguna website. Di tahun 2017 ini, permintaan brand untuk desain platform Android dan iOS semakin tinggi.

User-Centered Design (UCD)

Capture

Pemahaman tentang perilaku pengguna membuat tren User Research kian digandrungi sejak pertengahan 2016 lalu. Di tahun 2017 ini desain UX berfokus penuh pada pembuatan fitur aplikasi untuk meningkatkan percakapan dan engagement  yang lebih tinggi.

Simple and Intuitive Designs

simple intuitive

 

(Credit: Alex Volk)

Tema kesederhanaan dan spontanitas kian diminati banyak orang. Mereka menginginkan desain minimalis yang dapat meningkatkan kemudahan dalam mengakses aplikasi.

Personalization

personalization

(Credit: Bhakti Al Akbar)

Pemetaan tentang perilaku pengguna dan kegunaan kecerdasan buatan untuk penyebaran informasi telah dilakukan supaya konversi kian meningkat di tahun 2017 ini.

Gamification

gamification-badges

(Credit: Vic)

 

Fitur ini dibuat untuk menambahkan elemen menarik dalam UX dan memfasilitasi akuisisi brand. Ide ini datang sejak 2016 silam namun kehadirannya semakin digandrungi pada 2017 ini.

Conversational UX

conversational

Chatbots seperti Siri dan Google Assistant mulai dikenal di 2016. Di tahun ini penggunaannya kian diminati sebagai cara baru berinteraksi.