Buat para insan kreatif,  bikin konsep content untuk social media platform seperti Instagram, Twitter maupun Facebook bisa jadi hal yang gampang-gampang susah. Apalagi kalau kamu diassign untuk menyusun konsep socmed untuk suatu brand baru, atau campaign baru dari suatu brand tertentu. Pembuatan content plan atau konsep konten udah dipikirin sematang-matangnya. Tapi begitu eksekusi dan postingan udah tayang, engagement ratenya kecil? Sebenarnya ada gak sih, tips untuk mengoptimalkan postingan khususnya di platform media sosial Instagram?

Memperhatikan kualitas post

Instagram adalah platform media sosial yang mengedepankan visual sebagai faktor jualnya. Karena itu, buatlah tampilan image post semenarik mungkin, ciptakan ilustrasi semenarik mungkin. Selain itu, terlepas dari apapun tipe image yang kamu gunakan (apakah berupa ilustrasi animasi statis, menggunakan motion atau hasil jepretan fotografer ternama), buatlah caption yang clever and powerful, which create a spark of personal feel when you read it. Selanjutnya, jangan lupa untuk menambahkan CTA atau Call to Action yang singkat namun menarik, dan tentunya yang dapat menyampaikan message yang jelas bagi followers. Kamu bisa membubuhkan CTA sederhana di akhir caption, seperti “share informasi ini ke orang-orang yang kamu sayang” atau kalimat open-ended question yang nantinya bisa meningkatkan engagement post kamu!

Jangan lupa #hashtag!

Pemberian hashtag yang relevant dengan topik postmu di Instagram juga bisa jadi kunci dalam mengoptimalkan post kamu, loh! Karena setelah mengukur performa interaksi konten yang kamu post, algoritma Instagram akan melanjutkan optimasi post melalui hashtag yang kamu tuliskan di caption, untuk kemudian dimunculkan ke page “Explore”. Jadi, jangan lupa untuk selalu menyertakan hashtag yang sesuai dengan topik atau konteks postingan kamu, ya!

Nah, pemilihan hashtag ini juga penting untuk diperhatikan. Tuliskan 1-2 general hashtag dengan major exposure (lebih dari 100.000 post), lalu 1-2 hashtag lainnya dengan exposure 10.000-100.000 post, dan hashtag spesifik yang hanya menampilkan beberapa ratus post saja. Gunakan hashtag spesifik yang menggambarkan campaign yang sedang berjalan atau produk yang ingin kamu jual, sehingga post tersebut mudah ditemukan oleh targeted customersmu.

Find the best time to post your content

Hal terakhir dan yang gak kalah penting untuk mengoptimalkan post Instagram kamu adalah dengan mencari tahu waktu terbaik untuk mempostnya.

Dilansir dari Hootsuite, waktu terbaik untuk menayangkan post Instagram-mu adalah pada pukul 12 hingga 1 siang (di hari kerja atau weekdays). Meski begitu, range waktu terbaik untuk mempost konten di Instagram tersebut dapat berbeda-beda, bergantung pada jenis industrinya. Misalnya, waktu post terbaik bagi industri makanan dan minuman adalah pada jam 12 siang, sementara pada industri yang bergerak di bidang pendidikan memiliki best time post di Instagram di jam 4-5 sore.

Nah, selain 3 hal di atas, kamu punya tips lain gak, untuk mengoptimalkan postingan Instagram mu?

 

Source: