Di era digital sekarang ini, Youtube telah menjadi salah satu platform media online yang paling banyak digunakan oleh orang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Statista, sebuah perusahaan database dari Jerman, menyatakan bahwa pengguna Youtube di tahun 2019 mencapai angka lebih dari 2 miliar orang setiap bulannya.

Selain bisa dibilang Youtube telah menggantikan posisi TV bagi kaum milenial, platform ini juga memberikan penghasilan kepada para pembuat konten di dalamnya, atau yang dikenal dengan Youtuber. Banyak dari mereka yang telah menghasilkan uang sampai Miliaran Rupiah, sebut saja seperti Ryan Toysreview, Jake Paul, Dude Perfect, Atta Halilintar, Ria Ricis dan masih banyak lagi.

Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk menjadi Youtuber. Tapi di tengah ketatnya persaingan konten, tidak semua Youtuber bisa sukses dan menjadikan Youtube sebagai karirnya.

Lalu, adakah caranya untuk membangun channel Youtube mulai dari nol, tanpa modal dan juga koneksi? Berikut ini adalah langkah jitu untuk membuat konten Youtube bagi pemula.

1. Buatlah konten yang ingin ditonton oleh orang

Sebagus apapun konten video yang kamu buat, tetap tidak ada gunanya bila tak ada yang menonton. Untuk itu, hal pertama kali yang harus kamu lakukan adalah menentukan siapa target audience yang akan menonton Youtube kamu. Dengan mengerti hal ini, maka kamu akan lebih mudah mengetahui konten seperti apa yang harus diberikan kepada mereka. Lalu, yang harus kamu ingat adalah konten-konten video kamu harus bersifat informatif, edukatif, inspiratif,up to date dan juga entertain.

2. Lakukan publikasi konten secara konsisten

Konsisten adalah kunci utama dalam keberhasilan seorang Youtuber. Maka dari itu, kamu harus membuat jadwal publikasi konten yang teratur untuk dapat menarik penonton kembali pada channel kamu dan menjadikan mereka sebagai subscriber. Tentukanlah jadwal penayangan konten kamu, misal setiap hari selasa dan jumat setiap minggunya. Kamu bisa memberitahunya kepada mereka lewat teaser ataupun video yang telah kamu upload.

Namun, jangan lupa untuk tidak mempublikasikan video secara sekaligus. Hal ini berguna untuk membangun rasa penasaran pada penonton, sehingga mereka akan terus menantikan tayangan-tayangan konten kamu berikutnya.

3. Buatlah judul beserta thumbnails yang menarik

Judul dan thumbnails yang ada pada video Youtube kamu adalah hal pertama yang akan dilihat dan dibaca oleh penonton. Ini adalah salah satu hal yang paling krusial, maka dari itu, buatlah yang semenarik dan sekreatif mungkin agar orang-orang mau meng-klik dan menonton video kamu.

4. Promosikanlah konten Youtube kamu

Promosi adalah salah satu kunci kesuksesan yang akan mendatangkan banyak penonton. Kamu bisa memulainya dari keluarga, teman-teman dekat, lingkungan sekitar dimana kamu berada ataupun melalui media sosial untuk mengajak mereka menonton video di channel Youtube kamu. Manfaatkanlah hal ini dengan sebaik mungkin dan jangan sungkan untuk meminta tolong pada mereka agar membantu promosi kamu.

5. Ajaklah teman kamu atau Youtuber lain untuk berkolaborasi

Banyak Youtuber ternama yang melakukan kolaborasi untuk memperkaya konten dan mendatangkan para subscriber baru bagi mereka. Cara ini simpel, namun sangat efektif. Kamu bisa mengajak teman-teman kamu yang merupakan seorang Youtuber ataupun yang ahli di bidangnya, untuk membantu dalam mengisi konten yang akan kamu buat. Rencanakanlah dengan matang, agar hasilnya tidak sia-sia.

Itulah langkah-langkah jitu yang bisa digunakan dalam membangun channel Youtube kamu. Ada beberapa hal yang harus kamu catat, jangan lupa untuk membalas setiap komentar di video Youtube kamu agar meningkatkan interaksi dengan para penonton, terimalah saran serta kritik dari orang lain, pelajarilah dari Youtube Analytics video mana yang memiliki engagement baik, dan sekali lagi untuk tetap konsisten.

Semoga hal ini dapat menambah wawasan dan menjadikan kamu sebagai seorang Youtuber yang sukses. Tetap semangat !