Kamu pasti sudah tidak asing lagi bila mendengar istilah Copywriter di era industri pemasaran digital saat ini bukan? Ya, Copywriter adalah seorang perangkai kalimat yang dapat mempersuasi orang lain lewat tulisan yang mereka ciptakan. Namun untuk melakukan hal ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, karena kamu memerlukan beberapa kemampuan khusus agar dapat membuat copywriting yang berkualitas.

Lalu kemampuan apa saja sih yang harus kamu miliki agar dapat menjadi seorang Copywriter terbaik yang dicari oleh banyak brand? Lewat artikel ini kamu akan segera mengetahuinya.

1. Kemampuan meneliti sebelum melakukan penulisan

Agar dapat menghasilkan copywriting yang memuaskan, kamu harus memahami betul apa yang kamu tulis. Untuk itu, sebelum melakukan sebuah penulisan ada baiknya kamu mencari dan menganalisa berbagai macam bentuk informasi yang berkaitan dengan produk, brand, audiens, keyword yang akan dipakai dan lain sebagainya. Ini bertujuan untuk menunjang copywriting yang berkualitas.

2. Kemampuan untuk memahami pola pikir audiens

Sudah selayaknya sebagai seorang Copywriter untuk dapat meyakinkan audiens agar memilih produk atau jasa yang sedang kamu promosikan. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk dapat mengetahui dan memahami pola pikir audiens terlebih dahulu, agar dapat membuat copywriting yang tepat kena sasaran dan mendorong mereka untuk bertindak melakukan pembelian.

Misalkan saja kamu sedang mengerjakan copywriting untuk produk asuransi, berikanlah audiens informasi mengenai “mengapa mereka penting untuk mengamankan diri dan keluarga dari segi finansial?”, lalu jawablah kegusaran mereka melalui tulisan yang kamu buat.

3. Kemampuan untuk bercerita dalam bahasa audiens

“Father of Advertising” asal Inggris, David Ogilvy, pernah berkata, “ jika kamu ingin meyakinkan seseorang untuk melakukan atau membeli sesuatu, maka kamu harus menggunakan bahasa yang mereka gunakan setiap harinya”. Nah, maka dari itu seorang Copywriter harus mampu bercerita dalam bahasa yang dipahami oleh audiens. Sesuaikanlah bahasa yang akan kamu gunakan dalam membuat copywriting, dengan target market dari produk atau jasa brand yang sedang kamu kerjakan agar tepat kena sasaran.

4. Kemampuan untuk menulis dengan empati

Rasa empati yang dituangkan dalam sebuah copywriting dapat menyentuh emosi dari audiens. Tunjukkanlah kalau kamu benar-benar mengerti, peduli, bernasib sama dengan mereka dan juga punya kemiripan. Dengan menggunakan kekuatan empati, maka kamu dapat menggerakkan audiens untuk menuruti call-to-action kamu, sehingga mencapai tujuan dari pembuatan copywriting tersebut.

5. Kemampuan untuk membuat ide baru

Salah satu challenge terbesar yang dihadapi oleh para Copywriter adalah selalu menawarkan sesuatu yang baru. Bagaimana caranya agar dapat menghasilkan ide baru tersebut? Kamu bisa membuat topik yang lebih spesifik, melakukan brainstorming dan tulislah daftar ide sebanyak-banyaknya (sekitar 10 sampai 50 ide). Lalu setelah itu istirahatlah dan lihat kembali daftar ide yang telah kamu buat, disitu kamu akan melihat ide copy mana yang paling menonjol diantara yang lainnya.

Setelah mengetahui kemampuan-kemampuan yang penting dikuasai untuk menjadi seorang Copywriter yang handal, sekarang saatnya untuk kamu latihan. Teruslah menulis dan mengasah skill copywriting kamu dan jangan pernah merasa puas. Carilah inovasi-inovasi gaya penulisan terbaru untuk terus berkembang. Selamat mencoba ya!